SEO Tools yang Perlu Anda Miliki Sebagai Blogger

SEO Tools yang Perlu Anda Miliki Sebagai Blogger, SEOquake
Sebagai Blogger, tentu kita sudah sama-sama mengenal apa itu yang dimaksud dengan search engine optimization atau SEO. Singkat kata, search engine optimization dalam bahasa Indonesia artinya adalah optimasi atau teknik yang dilakukan guna mendongrak posisi suatu situs agar menempati peringkat tertinggi pada hasil pencarian, jadi sederhananya teknik-teknik yang kita lakukan tersebut berfungsi untuk memanipulasi search engine agar situs kita ditempatkan pada peringkat yang baik di SERP (Search Engine Result Page). Namun perlu anda ketahui, pada hakikatnya SEO memiliki 2 jurusan yang berbeda, yakni White Hat dan Black Hat, dimana Black Hat adalah teknik ilegal dan curang untuk memanipulasi search engine, sedangkan White Hat adalah teknik-teknik legal yang direkomendasikan oleh Pakar-pakar SEO atau petinggi di perusahaan teknologi, seperti +Matt Cutts.

Dalam mempelajari teknik-teknik di dalam SEO, pastinya kita sudah mengenal berbagai macam istilah baru yang merupakan istilah dari teknik itu sendiri, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page, dimana On Page adalah teknik yang difokuskan pada faktor internal blog, seperti permalink, meta tag, alt tag, title tag, keyword destiny, dsb, sedangkan Off Page adalah teknik yang mencakup sektor eksternal atau diluar blog, seperti backlink, link wheel, pyramid link, page cloacking, hidden link, one way link, dsb.

Dari banyak teknik-teknik diatas, belum ada ada yang bisa membuktikkan secara terang-terangan bahwa cara tersebut benar-benar nyata khasiatnya, karena ternyata Google selalu merubah cara pengindeks-an suatu website, dan mereka memiliki cara yang sangat bervariasi.

Namun, seperti yang saya baca di blog google webmaster, disana Matt Cutts berkata bahwasanya kita sebagai blogger harus menggunakan teknik yang tentunya berada di jalan yang benar, yaitu White Hat SEO, bahkan Ia juga menuturkan bahwasanya SEO adalah hal yang sudah tidak terlalu diperhitungkan lagi dalam penghitungan peringkat website, karena tim WebSpam Google merasa kesal atas tindakan-tindakan spamming yang dilakukan oleh para blogger guna meningatkan peringkat situs mereka.

Namun sejauh ini para pakar SEO masih mempercayai satu trik yang cukup terbukti khasiatnya, yaitu backlink, tetapi mereka juga berpesan agar jangan terlalu intensif dalam melakukanya dan tautkanlah link ke suatu situs yang kiranya relevan dengan konten yang kita buat, pasalnya Google menyukai blog yang memberikan informasi dan referensi yang lengkap kepada para pembacanya.

Dari sedikit ulasan diatas, tentu kita dapat menyimpulkan bahwa SEO adalah salah satu faktor yang berkaitan erat dengan dunia blogging, pasalnya tanpa SEO yang menghasilkan pengunjung, situs kita bukanlah apa-apa, percuma jika kita memiliki template dan konten-konten yang menarik tetapi dilain hal mesin pencari tidak pernah melirik website yang kita kelola, jadi lebih baik membuat website yang berstruktur rapih dengan segala navigasi yang jelas, agar robot mesin pencari juga lebih mudah dalam melakukan peng-indeksan blog kita.

SEO Tools yang Perlu Anda Miliki Sebagai Blogger, SEOquake
Klik Gambar untuk Memperbesar









Untuk melaksanakan usaha-usaha SEO, saya juga punya rekomendasi tools yang 'kiranya' dapat memudahkan kita dalam melakukan teknik-teknik SEO, tools tersebut adalah SEOquake, yaitu ekstensi atau add-ons browser yang dapat kita gunakan untuk menganalisa kekuatan kompetitor atau pesaing, jadi nantinya pada saat kita mengunjungi suatu blog atau mencari suatu kata kunci di Google, maka secara otomatis SEOquake akan menampilkan berbagai data-data dari website (kompetitor) tersebut, seperti Alexa, Page Rank, Google Index Page, jumlah backlink, Bing Index, Yahoo Index, dsb, seperti pada gambar diatas, agar kita dapat mengukur tingkat persaingan terhadap keyword yang kita bidik.

Tentu dengan hadirnya tools ini, kita sebagai blogger semakin dimudahkan untuk membidik kata kunci dengan jumlah pencarian yang tinggi namun tingkat persainganya rendah, agar blog atau website kita semakin mudah untuk menduduki peringkat teratas di hasil pencarian search engine, dan pada akhirnya tentu website kita akan merasakan profit yang berlimpah.

Jika anda berminat untuk membeli software-software SEO, seperti Long Tail Pro namun tidak punya dana, maka mungkin tools ini bisa dijadikan salah satu solusinya, toh, tools ini fungsinya juga sama dengan software berbayar tersebut.

Jika anda ingin SEO tools yang gratis alias tanpa biaya, anda bisa memanfaatkan SEOquake ini sebagai alat untuk menganalisa kompetitor, dan juga dikombinasikan dengan Google Adwords, sebagai alat untuk mencari ide-ide lata kunci, serta mengetahui seberapa banyak kata kunci yang kita bidik tersebut dicari orang setiap bulanya.

Jika anda berminat untuk memiliki SEOquake ini, anda bisa menginstall ekstensinya untuk Google Chrome disini, dan jika anda menggunakan browser Mozila Firefox, maka anda bisa menginstall add-onsnya disini, atau anda adalah pengguna Opera dan Safari? anda juga bisa menginstall SEOquake untuk Opera disini, serta SEOquake untuk Safari disini. Anda juga bisa mengunjungi situs resminya di SEOquake.

Referensi:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »