Google Penguin, Algoritma Baru Pengganti Panda

Google Penguin, itulah Algoritma Webspam baru dari Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Algoritma Google Penguin ini adalah Algoritma baru pengganti dari Algoritma sebelumnya yaitu Google Panda. Untuk lebih detailnya tentang informasi Algoritma baru ini, bisa kamu temukan di Google Webmaster Central. Secara garis besar algoritma google penguin adalah sebuah algoritma khusus yang diciptakan untuk memberi hukuman pada website atau situs spam (Webspam).

Setiap Search Engine memiliki algoritma atau konsepnya sendiri untuk menilai sebuah halaman pada situs. Dengan cara memahami faktor-faktor umum yang mempengaruhi algoritma tersebut, hal itu berarti bisa juga mempengaruhi posisi artikel kamu dalam hasil pencarian yang dilakukan oleh calon pengunjung. Jika situs buatan kamu tidak bersahabat dengan Search Engine, kamu bisa benar-benar kehilangan traffic pengunjung, karena selain Visitors (pengunjung) mengetikan alamat �www.namasituskamu.com� dan backlink referrals, search engines lah satu-satunya jalan yang menuntun orang untuk menemukan situs atau blog kamu.


Manfaat dan kerugian bisa saja didapatkan dari sebuah update Algoritma. Jika dilihat dari sisi serorang blogger atau webmaster, mungkin hal ini bisa saja merugikan. Seandainya dengan tidak sengaja kita melakukan sebuah pelanggaran yang dianggap sebagai kecurangan pada Algoritma baru, maka dampaknya adalah hilangnya hasil pencarian pada artikel blog atau web kita yang dianggap Webspam oleh Google. Mau tidak mau kita harus memperbaiki kesalahan yang tidak sengaja kita buat.

Dari segi manfaat tentu saja adalah kemudahan bagi para pencari informasi di search engine Google. Informasi yang didapat menjadi lebih akurat dan cepat didapat. Tapi bukan hanya dari pengguna saja yang mendapatkan manfaatnya. Blogger dan para Webmaster pun mendapat keuntungan dengan datangnya sebuah algoritma baru. Dengan banyaknya hasil pencarian webspam yang menghilang, maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk menduduki posisi dengan keyword tertentu pada hasil pencarian.

Sekarang tinggal bagaimana cara kita memanfaatkan Update Algoritma ini. Tetap semangat buat kamu yang blognya terkena hukuman dari Google. Salam blogging !!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »