Cara Cek Backlink Blog Menggunakan Google Webmaster

Sebagai Blogger, tentu anda sudah mengenal Search Engine Optimization atau SEO, yaitu salah satu faktor  yang penting di dalam pemasaran blog, mengapa saya katakan penting? pasalnya SEO adalah sebuah teknik yang dapat mendongkrak posisi suatu blog atau website anda pada hasil pencarian atau SERP mesin pencari.

Untuk melaksanakan teknik-teknik SEO, sebenarnya ada banyak sekali variasi yang bisa kita lakukan, entah itu berdampak terhadap SERP atau tidak, karena sampai sekarang ini masih belum ada secret paten yang benar-benar pasti dan ampuh untuk menaikkan peringkat blog, pasalnya Google selalu memiliki berbagai macam variasi cara untuk meng-indeks suatu situs (bergantian), jadi belum ditemukan cara yang bisa digunakan secara long term atau berkepanjangan.

Dalam melaksanakan usaha-usaha SEO, tentu kita mengenal berbagai istilah-istilah baru, seperti halnya backlink (link wheel, pyramid link, dsb), SEO on page (hal yang bersumber dari dalam blog), SEO off page (hal yang bersumber dari luar blog), permalink, menyisipkan kata kunci di awal artikel, dan masih banyak lagi trik-trik yang lainya. Namun semua trik tersebut berbeda-beda hasilnya, banyak yang berhasil, namun tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan.

Jika anda sudah mengenal search engine optimization, tentu anda juga sudah mengenal backlink kan? salah satu trik dari sekian banyak variasi yang digunakan untuk mendongkrak posisi suatu blog di SERP. Hingga saat ini, Backlink memang masih menjadi salah satu trik andalan bagi orang-orang yang menekuni SEO, karena dengan membangun backlink yang benar, maka situs kita akan merangkak naik pada hasil pencarian, namun tidak sedikit juga blogger yang merasakan 'imbas' dari melakukan teknik ini, yaitu terkena penalty atau banned Google, karena backlink yang dibuatnya dianggap sebagai SPAM.

Berhubungan dengan backlink, tentu anda sangat kepo bukan ingin mengetahui berapa jumlah total tautan yang mengarah ke blog anda, sebenarnya dalam hal ini anda bisa memanfaatkan beberapa tools-tools online seperti backlink checker, akan tetapi saya punya alat pengecek backlink yang lebih akurat dan official, yakni dengan menggunakan Google Webmaster.

Pada tutorial ini, saya perumpamakan anda sudah mempunyai akun google webmaster dan sudah melakukan login, jika belum punya, tutorialnya bisa anda temui di situs-situs yang membahas seputar tutorial blog.

1. Buka situs http://www.google.com/webmasters/.

2. Klik "Masuklah ke layanan Alat Webmaster".

3. Pilih salah satu website yang ingin anda cek backlink-nya.

Cara Cek Backlink Blog Menggunakan Webmaster







4. Pilih opsi Lalu Lintas / Traffic.

Cara Cek Backlink Blog Menggunakan Webmaster








5. Selanjutnya, pilih Tautan ke Situs anda / Link to Your Site.

Cara Cek Backlink Blog Menggunakan Webmaster







6. Maka pada halaman selanjutnya anda akan ditampilkan hasil dari berapa jumlah tautan yang mengarah ke blog anda, dan dari mana saja tautan tersebut bersumber atau berasal.

Cara Cek Backlink Blog Menggunakan Webmaster












7. Selesai.

Bagaimana? mudah sekali bukan untuk mengetahui berapa banyak backlink yang anda dapatkan. Demikian informasi terbaru tentang Cara Cek Backlink Blog Menggunakan Webmaster, baca juga artikel menarik lainya seputar tutorial blog tentang Cara Mengetahui/Mengecek Blog kita dibanned oleh Google, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »