Sejarah Penemuan Oven Microwave

Sejarah Penemuan Oven MicrowaveOven Mikrowave adalah suatu alat yang menggunakan microwave sebagai ganti pemanas eksternal untuk memasak makanan. Oven Microwave ditemukan oleh Percy Spencer di Boston, Amerika pada tahun 1946. Oven Microwave telah melakukan perubahan besar-besaran pada masakan Amerika. Para penerbit telah menulis ulang buku-buku resep masak mereka untuk melengkapi petunjuk microwave. Restoran dan para pembuat rumah telah mendesain kembali dapurnya dan konsep dapur. Microwave menyelamatkan energi dan ruang angkasa. Peralatan ini menghemat waktu memasak diatas 80% dan melakukan lompatan besar ke depan yang pertama dalam teknologi memasak yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Sejarah Penemuan

Setiap orang memasak menggunakan api ataupun kompor untuk memasak. Semua pembuatan masakan terfokus pada pengendalian api, temaram panasnya, dan mengendalikan cara bekerjanya panas dalam masakan. Belum ada seorang pun mencari sesuatu pendekatan baru untuk memasak.

Bagaimana Oven Microwave Ditemukan? 

Percy Spencer selalu mencari-cari alasan dalam kegagalan hidupnya. Dia lahir di kota kecil Maine, dan ayahnya meninggal dunia sebelum Spencer menginjak usia 2 tahun. Ibunya pergi dari rumah sesudah itu. Spencer diajak menjadi anak angkat oleh bibi dan pamanya. Ketika usia Spencer menginjak tujuh tahun, pamanya meninggal. Untuk mendukung keluarganya tersebut, Spencer keluar dari sekolah saat Ia berusia 12 tahun dan bekerja di pabrik setempat.

Pada tahun 1910, sebuah pabrik kertas menyewa Spencer yang berusia 16 tahun untuk menyetel sistem listrik pertamanya. Dua tahun kemudian, Spencer, terpesona pada listrik dan terutama pada penemuan radio terbaru. Kemudian dia bergabung dengan angkatan laut sebagai operator radio. Setelah perjalananya, dia bergabung pada perusahaan pembuat tabung radio untuk para tentara. Pada tahun 1928, masih dengan pendidikan non formal sepuluh tingkat diluar, dia telah disewa oleh Raytheon untuk mendesain dan membuat tabung radio yang lebih baik.

Ketika perang dunia II pecah, Ratheon menggeser Spencer ke teknologi militer baru: Radar, penemuan Inggris terbaru untuk mendeteksi jarak kapal dan pesawat. Spencer mencari desain untuk radar yang lebih efisien dan efektif.

Rada menembakkan denyut energi gelombang mikro yang terpantul dari benda logam. Penerima mendeteksi pantulan sinyal dan menggunakanya untuk melacak lokasi benda (pesawat atau kapal). Dalam radar, sebuah alat yang secara umum disebut magneutron menggerakkan gelombang mikro menyebar ke udara. Pada tahun 1945, Spencer telah secara lengkap mendesain kembali magneutron, membuatnya lebih sederhana da bisa dipercaya.

Pada awal tahun 1946, sesuatu tampak disekitarnya dan sedikit peristiwa yang mengubah dunia. Batang biji kacang coklat meleleh dalam kantong putih pakaianya di laboratorium Percy Spencer. Orang lain mungkin menyalahkan panas hari itu atau berasumsi bahwa batang permen terlalu tertutup dalam tubuh Spencer.

Tidak bagi Percy Spencer. Dia mengharapkanya sesuatu telah melakukanya dengan frekuensi tinggi gelombang mikro yang dibuat magneutronya. Dia bukan peneliti pertama yang mencatat efek panas energi gelombang mikro. Tapi dia yang pertama berfikir tentang apa arti efek tersebut.

Dia mengirimkan asisten ke toko untuk membeli sekeranjang jagung. Setiap butiran dia tempatkan dekat letusan magneutron yang mengubahnya menjadi popcorn. Pagi hari kemudian, dia memotong lubang teko teh yang telah usang dan menempatkan magneutron di atasnya sehingga butiranya mengarah ke lubang.

Dia menempatkan sebutir telur di samping teko dan menekan tombol tenaga. Ketika teman sekerja dengan curiga mengamati ke dalam teko, uap air telur meleut di wajahnya dan kulitnya terkelupas akibat putih telur yang menciprat keluar laboratorium.

Rayhteon mengenali nilai penemuan Spencer. Perusahaan telah menugaskan tim untuk membantu Spencer menemukan bagaimana memasak dengan microwave dan bagaimana membuat pemanas microwave. Dalam lima bulan, tim telah melengkapi microwave pertama.

Apa yang Terjadi Kemudian?

Radarange hasil produksi Raytheon pertama, namanya memang seperti itu sebab magneutron berasal dari radar, dipasarkan pada tahun 1947 dan dijual seharga 4,800 dollar. Beratnya sekitar 1.000 pon, seukuran pembangkit dan memerlukan air dingin untuk mendinginkan magneutronya. Para pelangganya hanya terdiri dari restoran, kereta api, dan militer.

Pada tahun 1965, Amana meluncurkan oven microwave untuk rumah tangga pertama, harganya dibawah 500 dollar. Hasil penjualan tidak berubah, hingga akhir tahun 1970-an di mana penjualanya mulai meningkat. Ketika tahun 2000, lebih dari 93% dapur di Amerika mempunyai oven microwave, dan 10.000 oven microwave telah digunakan di ruang makan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Sebanyak empat kali makanan sekarang disiapkan dalam microwave dalam dapur konvensional rumah-rumah Amerika. Jika arus tren berlanjur, microwave dapat menjadi solusi ruang yang boros, pembuangan energi, pembuangan waktu, pembuangan pemroduksi panas konvensional dalam abad ini.

Fakta Oven Microwave

Alat masak microwave tak hanya cepat. Alat ini juga menyehatkan. Banyak vitamin dan mineral yang ditahan dengan pemasak microwave daripada memasak dengan cara yang lain.

Demikian informasi terbaru tentang Sejarah Penemuan Oven Microwave, simak juga artikel informatif lainya seputar ilmu pengetahuan alam tentang Baterai Tenaga Surya, semoga bermanfaat, dan menambah wawasan kita semua.

Sumber: Buku 100 Penemuan Sains (Kendall Haven - Penerbit Venus)

Rekomendasi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »