Cara Menampilkan Foto Profil di Hasil Pencarian Google

Cara Menampilkan Foto Profil di Hasil Pencarian GoogleMenampilkan Foto Profile di Hasil Pencarian Google - Sebenarnya, menampilkan foto profil di hasil pencarian google adalah bagian dari usaha memasang "Author Rich Snippet", yang fungsinya adalah menampilkan berbagai macam informasi dari pemilik blog di hasil pencarian google (SERP), seperti foto profile, akun google+, dan orang-orang yang ada di lingkaran google+.

Jika bisa dibilang, cara menampilkan Author Rich Snippet sebenarnya gampang-gampang susah, jadi ada kemungkinan berhasil dan ada juga yang tidak, bahkan ada yang sudah muncul lalu hilang lagi, itu semua adalah teka teki yang hanya diketahui oleh Google, namun sampai sekarang, cara ini termasuk langkah yang paling banyak digunakan dalam melakukan usaha menampilkan rich snippet di hasil pencarian Google.

Sebagai blogger yang sering menelusuri seluk beluk Google, tentunya anda pernah melihat bukan sejumlah situs yang ditampilkan dengan foto profil pemiliknya, nah, sepertu itulah kira-kira blog kita nantinya jika sudah berhasil menampilkan. Untuk itu, langsung saja kita simak beberapa langkah-langkah sederhana yang semoga bisa membantu anda dalam menampilkan foto profil di hasil pencarian google.

Menampilkan Foto Profile di Hasil Pencarian Google

  • Langkah 1: Buat Halaman "Tentang Kami"

Buatlah halaman "about" atau "tentang kami", buatlah beberapa paragraf yang mendeskripsikan blog anda, lalu pada akhir paragraf, jangan lupa untuk memaparkan juga "Siapa Dibalik Blog?", sertakanlah biografi singkat tentang anda (pemilik blog), jangan lupa untuk menautkan profil Google+ anda pada teks yang menampilkan nama anda, dan berilah tag rel="me", seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menampilkan Foto Profil di Hasil Pencarian Google









  • Langkah 2: Tambahkan tag Rel="Author"

Buka Edit HTML, Lalu letakkan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>. Jangan lupa untuk mengganti kode yang berwarna biru dengan URL akun Google+ anda.

<link href='https://plus.google.com/1133293829797492742/' rel='author'/>

  • Langkah 3: Tambahkan Kontributor di Google+ 

1. Buka : https://www.google.com/settings/account
2. Klik "Edit Profil Anda", dibawah avatar Google+ anda
3. Scroll mouse ke bawah, pilih "Tautan" > klik "Edit"
4. Pada menu Kontributor di, klik "Tambahkan Tautan Khusus" yang terletak dibawahnya
5. Masukkan nama blog pada "Label", dan alamat blog pada URL, tekan Enter
6. Selesai

Demikian informasi tentang Cara Menampilkan Foto Profil di Hasil Pencarian Google, simak juga artikel menarik lainya seputar tutorial dan tips trik blog tentang Cara Membuat Tombol Share Dibawah Posting Blog, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Referensi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »