Cara Turunkan Kolesterol dengan Ragi Beras Merah

Cara Turunkan Kolesterol dengan Ragi Beras Merah
Shutterstock











TULISKAN.com - Seiring dengan berkembangnya gaya hidup dan gaya berfikir manusia, kini kebanyakan masyarakat cenderung lebih memilih obat-obatan herbal untuk mengobati ataupun merawat kesehatan tubuhnya, karena mereka menganggap bahwasanya herbal adalah obat-obatan yang alami dan tidak memiliki efek samping apapun. Ternyata, obat-obatan atau ramuan herbal yang bisa mengatasi penyakit kadar kolesterol di dalam tubuh diantaranya adalah ragi beras merah.

Pada hakikatnya, ragi adalah zat yang dapat membantu proses fermentasi, Ragi memiliki kandungan mikroorganisme yang umumnya digunakan untuk mengolah dan membuat makan-makanan dan minuman yang diolah dengan proses fermentasi seperti tahu dan tempe.

Seperti wawancara yang dilansir dari kompas.com, Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Aulia Sani menuturkan bahwasanya ragi beras merah berperan dalam pencegahan atau pembersihan plak yang menyumbat aliran pembuluh darah, agar terhindar dari penyumbatan pembulu, selain itu, beliau juga memaparkan bahwasanya ragi beras merah ini juga berfungsi untuk menghambat atau mencegah organ-organ hati dalam memproduksi kolesterol.

Sejatinya, Kolesterol adalah zat alami yang diproduksi secara rutin oleh hati, akan tetapi, karena kehidupan sebagian besar kalangan masyarakat yang kurang sehat atau komposisinya tidak ideal, seringkali hal ini dapat menyebabkan organ dalam hati memproduksi kolesterol secara berlebihan dan tidak terkendali, oleh sebab itu, kelebihan kolesterol tersebutlah yang kadangkala dapat menyumbat aliran pembuluh darah.

dr. Aulia Sani juga meurutkan bahwasanya menghambat produksi kolesterol pada organ vital hati dengan ragi beras merah adalah hal yang dapat dilakukan guna meminimalisir atau menurunkan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Menurut uji klinis yang belum lama ini dilakukan pada pasien-pasien penderita kolesterol di Indonesia, Ragi beras merah juga terbukti dapat membantu pasien dalam menunjukkan grafik atau tingkat peminimalisiran kolesterol yang positif.

Seperti yang dilansir kompas dari situs Drugs, Ragi merah juga memiliki kandungan senyawa lovastatin yang berguna untuk membenahi kadar lemak di dalam darah yang kandunganya terlalu tinggi, agar tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah oleh kadar lemak yang berlebihan.

Via Kompas

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »