5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecahPada zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, tentunya banyak sekali kendala-kendala atau permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan sekaligus penampilan kita, seperti misalnya polusi udara, limbah pabrik, pencemaran air, dan lain sebagainya. Namun, terkadang kita tidak dapat menghindari hal buruk tersebut, karena limbah pasti akan selalu ada di sekeliling lingkungan kita, terlebih apabila masyarakatnya tak sadar tentang pengelolaan dan pembuangan limbah yang baik dan benar.

Untuk itu, tentunya kita harus melakukan beberapa langkah guna mengantisipasi dampak negatif yang dapat mengganggu kesehatan kita, baik secara rohani maupun jasmani. Jika kita menganalisa, zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mengalami masalah dalam penampilan, seperti wajah yang berminyak, berjerawat, hingga bibir yang kering dan pecah-pecah, pastinya hal itu semua memiliki sebab dan akibatnya masing-masing, maka dari itu, sebelum mengobatinya tentu lebih baik jika kita mengantisipasinya terlebih dahulu.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas artikel khusus tentang beberapa cara atau tips seputar mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah, mulai dari faktor internal hingga ke faktor eksternal.

1. Hindari Merokok 

Seperti yang kita ketahui, rokok atau smoke mempunyai berbagai macam kandungan zat-zat yang tidak sehat bagi tubuh kita, seperti karbon dioksida, pewarna tekstil,  nikotin, zat kimia baterai, cat, methanol (bahan bakar roket), stearic acid (bahan baku pembuat lilin), dan sebagainya. Dari bahan-bahanya saja tentu kita sudah mengetahui bahwa rokok berdampak sangat buruk bagi kesehatan, sama halnya dengan bibir, menurut penelitian, selain rokok dapat menyebabkan berwarna kehitam-hitaman dan gigi menjadi kuning, rokok juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

2. Banyak Minur Air Putih (Rutin)

Air Mineral atau Air putih memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh kita, karena hampir semua yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan kerjanya ada di dalam air mineral ini. Air putih juga berperan penting dalam kesehatan dan kelembaban bibir, karena setiap kali kita mengkonsumsi air mineral, bibir akan selalu lembab dan tidak kekurangan cairan, jadi tidak mudah kering dan pecah-pecah.

3. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa atau coconut oil adalah minyak yang dibuat dari bahan baku kelapa dan tanpa bahan kimia. Minyak Kelapa berperan dalam melembabkan bibir dan mencegah kotoran/debu menempel di bibir. Penggunaanya tergolong cukup mudah, olesi minyak kelapa secukupnya 2 kali sehari pada bibir anda, tidak usah dibersihkan, biarkan saja hingga meresap dan menyumblim dengan sendirinya.

4. Lip Balm (Wanita)

Dalam menjaga penampilan dan kecantikan, tentunya kita sebagai kaum hawa sangat memperhatikan bagian-bagian vital seperti bibir, sebagian dari  kita tentunya seringkali menggunakan alat makeup yang sebenarnya mengandung bahan-bahan kimia yang mempunyai efek samping bagi bibir, salah satunya adalah lipstick. Berbeda dengan lipstick, kegunaan lip balm ini tergolong lebih natural, yaitu melembutkan dan menjaga kelembaban bibir.

5. Mentimun

Seperti yang kita ketahui, Mentimun atau ketimun adalah bahan dapur yang seringkali digunakan sebagai lalapan atau penyegar, jadi, selain dapat digunakan sebagai bahan baku masakan, Mentimun juga berperan dalam melembabkan bibir, karena Mentimun kaya akan kandungan mineral dan air yang berperan untuk menyejukkan. Untuk menggunaanya, anda bisa memotong mentimun menjadi lingkaran-lingkaran tipis, lalu oleskan bagian biji mentimunya kebibir.

Demikian informasi terbaru tentang 5 Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah, simak juga artikel informatif lainya seputar kecantikan dan kesehatan bibir tentang 5 Tips Menjaga Kelembutan Bibir Secara Alami, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »