5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kegemukan

5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan KegemukanSebagai seorang sosialis yang ingin selalu eksis di kalangan, tentunya kita menginginkan penampilan yang menarik dan proporsional, baik itu secara luar maupun dalam, akan tetapi di zaman yang serba efisien seperti ini tentunya banyak sekali permasalahan atau kendala yang bisa mengganggu penampilan dan kesehatan kita tersebut, seperti misalnya saja pencemaran, baik itu udara, air, maupun tanah, semuanya akan mempunyai efek sampingnya atau dampak negatifnya masing-masing terhadap kesehatan kita.

Nah, seiring perkembangan zaman yang semakin efisien ini, tentunya kita seringkali mengalami permasalahan penampilan yang namanya "kegemukan", bukan hanya hal genetis atau keturunan saja lho yang bisa mengidap permasalahan ini, namun kita juga beresiko mengalami kegemukan ini jika kita tidak menjalani kehidupan dengan komposisi yang ideal dan proporsional.

Secara logis, tentu kita berfikir bahwasanya kegemukan adalah kendala yang disebabkan oleh kebanyakan makan dan bisa diselesaikan dengan metode diet (mengurangi porsi makan), sebenarnya tak hanya itu saja, itu hanyalah sebagian tips yang bisa kita lakukan guna memperkecil lingkar perut, namun apajadinya jika kita sudah diet tetapi tetap saja gemuk atau memiliki berat badan yang berlebih, kemungkinan besar hal ini di dorong oleh 2 faktor, yakni faktor keturunan atau genetis dan gaya hidup yang kurang sehat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin menjabarkan beberapa kebiasaan buruk yang seringkali menjadi pemicu kita menjadi kegemukan atau kelebihan berat badan, agar kita dapat mengantisipasinya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

1. Tidak Makan pada Waktunya

Jika anda adalah salah satu orang yang masuk kedalam kategori ini, maka saya sarankan agar anda untuk menghilangkan kebiasaan ini, misalnya anda menargetkan untuk makan banyak porsi pada siang hari agar malam harinya tidak usah makan lagi, nah inilah yang salah, karena makan-makanan yang anda makan secara sekaligus pada siang hari tersebut akan mengakibatkan lamanya usus mencernanya, jadi jika aktivitas tersebut dilakukan secara terus menerus, maka akan mengakibatkan penumpukan dan akhirnya menjadi penggumpalan. So, makanlah pada waktunya, yakni 3 kali sehari dengan komposisi yang ideal.

2. Makan pada Waktu yang tidak tepat

Ini adalah salah satu penyebab kegemukan bagi anda yang memang memiliki hobi makan, anda boleh hobi makan, akan tetapi saya sarankan agar anda untuk tidak mengkonsumsi makan-makanan yang berat diatas jam 7 malam, karena beberapa jam setelah jam 7 usus akan berhenti untuk mencerna, dan memofokuskan untuk pembuangan, jadi makan-makanan tersebut akan terabaikan dan tidak dicerna secara sempurna, maka makanan tersebut nantinya akan menjadi penggumpalan yang menyebabkan kegemukan. Jadi, konsumsilah makan-makanan yang ringan seperti buah dan sayuran pada setiap hari, dan tepat pada waktunya.

3. Kurang Tidur

Pada saat malam atau dinihari, pada saat itulah usus melakukan pencernaan dan penyerapan atas makan-makanan yang kita konsumsi dan nantinya akan kita buang sebagai kotoran. Nah, hal tersebut akan berlangsung selama kita terlelap, jadi jika kita kekurangan tidur maka usus akan mencerna makan-makanan tersebut kurang maksimal, jadi nantinya pembuangan akan kurang sempurna, dan menybabkan banyak sisa-sisa kotoran yang tertinggal. Jadi pastikan anda tidur minimal 8 jam seharinya, dan juga selingi dengan istirahat sejenak pada saat melakukan aktivitas.

4. Kurang Minum Air Putih

Jika anda adalah tipikal seseorang yang jarang mengkonsumi air mineral atau air putih, maka mulai dari sekarang binasakanlah kebiasaan buruk tersebut, pasalnya untuk mencerna suatu makan-makanan yang berat seperti nasi, daging, dan ayam, usus memerlukan "pelumas" guna melancarkan proses pencernaan, dan pelumas tersebut adalah peranan dari air mineral, oleh dari itu, biasakanlah minum air putih minimal 8 gelas sehari secara teratur.

5. Makan Terlalu Cepat

Di dalam faktor ini, ada 2 pengertian yang akan saya kemukakan, yaitu mengunyah makanan yang terlalu cepat dan jangka waktu makan yang terlalu cepat setelah makan sebelumnya.

Saya akan mulai dulu dengan mengunyah makan yang terlalu cepat, ya, seperti kita ketahui bahwasanya usus kita akan lebih mudah jika mencerna makan-makanan yang bertekstur halus dan lembut, oleh karena itulah usahakan sebaik mungkin kita mengunyah makanan agak lama, agar teksturnya halus dan semakin mudah oleh dicerna usus.

Dan yang kedua, jika anda sedang memiliki nafsu makan yang berlebihan, usahakanlah jangan sampai anda terlalu sering makan, misalnya anda baru makan, lalu 5 menit kemudian anda merasa lapar lagi, usahakanlah tunggu sebentar, karena pada saat itu makanan yang sebelumnya anda makan sedang dalam proses pencernaan, dan jika anda tambah lagi dengan makanan baru, maka kinerja usus untuk mencerna akan kurang optimal.

Demikian informasi terbaru tentang 5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kegemukan, simak juga artikel menarik lainya seputar kesehatan dan kecantikan tentang 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Secara Alami, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »