7 Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok

7 Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok, rambut rontok, cara mengatasi rambut rontokSebagai seorang yang ingin tetap eksis dalam pergaulan, tentunya kita menginginkan tubuh yang sehat, baik secara jasmani maupun rohani, akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman dan bertumbuhnya umat manusia yang semakin tidak terkendali, secara tidak kita sadari, ternyata telah muncul berbagai masalah atau problem baru yang dianggap dapat 'menganggu' kesehatan kita secara keseluruhan.

Apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan kita? jika anda bertempat tinggal di kota-kota besar, atau bahkan di ibukota suatu negara, tentu anda sudah tahu bukan tentang apa faktor pendukung yang dapat menganggu kesehatan kita, seperti misalnya karbon dioksida, asap kendaraan, limbah pabrik, pencemaran udara, dan lain sebagainya.

Dalam menanggapi perkembangan zaman yang semakin mengglobal ini, tentu kita memiliki berbagai macam cara khusus untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bugar, salah satu caranya adalah dengan berolahraga, hindari asap kendaraan, dan makan makanan yang bergizi.

Satu dari segelintir dampak negatif yang diakibatkan oleh perkembangan zaman, kerontokan pada rambut adalah salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh masyarakat, pasalnya ada berbagai macam faktor yang dapat membuat rambut kita tidak sehat pada zaman yang serba canggih ini.

Lalu bagaimana cara mengatasi dan apa saja penyebab utamanya? untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, Tuliskan.com sudah membahasnya pada artikel sebelumnya tentang 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, dan untuk mengetahui apa saja penyebab-penyebab kerontokan pada rambut, anda bisa membaca ulasanya dibawah ini, silahkan disimak dengan seksama.

1. Stres

Tentu hal ini adalah salah satu faktor pemicu kerontokan rambut yang paling mendasar, karena secara tidak kita sadari, dalam hidup ini seringkali kita menemui berbagai masalah yang dapat mengakibatkan efek stres pada kesehatan rohani dan jasmani kita, hal tersebut yang akhirnya menyebabkan tekanan atau depresi yang menyebabkan jatuhnya rambut.

2. Menopause

Menopause adalah saat dimana perempuan berhenti haid atau sudah memasuki masa-masa lanjut usia, nah, pada saat-saat inilah seringkali terjadi kerontokan rambut yang merupakan dari gejala-gejala awal berlangsungnya masa menopause.

3. Penyakit Autoimunitas

Penyakit Autoimunitas atau yang lebih sering dikenal dengan lupus dan diabetes adalah salah satu faktor pemicu timbulnya kerontokan pada rambut.

4. Efek Samping Obat-obatan

Memang, pada hakikatnya obat adalah ramuan yang diperuntukkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, akan tetapi, ternyata obat-obatan tertentu juga memiliki berbagai macam efek samping yang bisa berdampak pada kesuburan rambut kita, yang pada akhirnya menyebabkan kerontokan dalam skala kecil hingga besar. Beberapa obat yang bisa menimbulkan kerontokan rambut adalah, antara lain: obat asam urat, Vitamin A, Obat Kemotrapi, dan Obat pengencer darah.

5. Infeksi

Masalah ini adalah salah satu faktor yang paling sering dialami oleh khalayak luas, pasalnya, udara yang tidak sehat dan kotor seringkali memicu pertumbuhan jamur dan ketombe yang dapat menyebabkan infeksi pada akar-akar rambut, inilah salah satu faktor yang memicu kerontokan pada rambut, terlebih jika ada ketombe lalu anda menggaruknya, maka akan semakin menjadi-jadi efek kerontokan rambut yang ditimbulkanya.

6. Gangguan Hormon

Kelenjar apa saja yang dapat menimbulkan kerontokan pada rambut? salah satunya adalah kelenjar tiroid, apabila kelenjar-kelenjar tersebut memproduksi hormon androgen dan homogen secara berlebihan atau bahkan sebaliknya (terlalu sedikit), maka hal tersebut juga akan menimbulkan akar rambut menjadi rapuh yang akhirnya menyebabkan kerontokan rambut.

7. Ketidakseimbangan siklus pertumbuhan rambut

Sejatinya, rambut akan terus bertumbuh panjang 1 inci perbulanya dalam jangka waktu sekitar 2-6 tahun, namun, dalam masa tersebut akan terjadi juga masa dimana pertumbuhan rambut berangsur-angsur lambat atau istirahat untuk terbentuknya molekul rambut baru, terkadang, pada masa inilah rambut melewati masa regenerasi atau kerontokan rambut untuk tumbuhnya rambut baru.

Demikian informasi terbaru tentang 7 Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok, simak juga artikel informatif lainya seputar kesehatan dan kecantikan tentang 5 Tips Menjaga Kelembutan Bibir Secara Alami, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »