5 Menu Sarapan Sehat yang Rendah Kalori

5 Menu Sarapan Sehat yang Rendah KaloriTULISKAN.com - Dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar orang menganggap sarapan adalah hal yang wajib bagi mereka, bagaimana tidak, karena pada hakikatnya sarapan pagi adalah hal yang berguna untuk meningkatkan kinerja dan tenaga organ-organ tubuh, dengan energi yang dihasilkan sarapan tersebut, daya ingat dan talenta kita juga akan lebih optimal tentunya, namun, kita juga perlu memperhatikan komposisi dan takaran dari sarapan pagi yang kita santap sehari-hari, jangan terlalu banyak, dan juga jangan terlalu sedikit, jadi secukupnya saja, selain itu, (lebih baik) pilihlah makanan yang ringan dan tidak membuat usus bekerja terlalu berat.

Jika dilihat dari kehidupan manusia zaman sekarang yang kini semakin efisien, tentunya banyak orang menginginkan metode sarapan yang sehat sekaligus praktis, dan bisa tersaji dalam waktu yang singkat, akan tetapi, kini banyak sekali makanan siap saji atau fast food yang tidak cukup menyehatkan bagi tubuh, oleh karena itu, kita juga harus cermat dalam memilih dan menyeleksi makanan yang kita konsumsi, karena secara tidak langsung hal tersebut akan berdampak kepada kesehatan tubuh kita, baik itu skala kecil maupun besar.

Dalam menyajikan santapan yang praktis dan menyehatkan, tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dengan seksama, seperti misalnya tingkat nutrisi yang baik dan tidak memiliki efek negatif bagi tubuh, selain itu, makananya juga baik untuk penampilan, dalam artian jangan sampai membuat kita kegemukan, dll, seperti halnya kadar kalori pada makanan yang terlalu berlebihan, dan minim akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam memilih menu sarapan, saya sarankan agar anda tidak memilih makanan yang mengandung kadar gula atau glukosa berlebihan, karena dapat menyebabkan kantuk, dan akan berdampak tidak baik bagi aktivitas anda. Pilihlah makanan yang sederhana namun menyehatkan bagi tubuh, seperti bubur, telur ceplok, dll. Berikut ini adalah 5 menu sarapan yang rendah kalori seperti yang dilansir detik.com dari livestrong:

1. Bubur Oatmeal

Bubur Oatmeal adalah salah satu hidangan yang pas untuk menemani waktu sarapan anda, karena Oatmeal mampu membuat tubuh kita terasa kenyang sampai waktu makan siang tiba, ini juga merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh para orang yang sedang diet. Terbuat dari biji gandum utuh, oatmeal bekerja menyimpan dan melepas energi secara perlahan yang mampu manyimpan cadangan energi lebih lama bagi tubuh.

Dengan kadar kalori yang rendah, yaitu hanya sekitar 150 kalori per segelas oatmeal, santapan praktis ini juga memenuhi 15 persen kebutuhan asupan nutrisi dan 10 persen kebutuhan zat gizi tubuh anda. Selain itu, anda juga bisa mengkombinasikanya dengan topping atau atasan lezat seperti keju, stroberi, dan blue berry, namun usahakanlah anda memilih topping yang less sugar atau rendah gula.

2. Telur

Siapa yang tidak tahu telur? makanan lezat yang satu ini merupakan salah satu menu santapan yang sangat digemari oleh para dietary, karena selain penyajianya yang cepat dan praktis, sebutir telur juga hanya mengandung sekitar 70 kalori, disamping itu telur sudah mampu memenuhi 13 persen kebutuhan protein harian tubuh. Jika anda merasa bosan dengan menu telur ceplok dan dadar, cobalah berkreasi dengan membuat variasi-variasi masakan dengan bahan baku telur, seperti omelet, sandwich, dan telur orak arik.

3. Smoothies

Makanan yang satu ini bisa dijadikan solusi bagi anda yang memiliki sedikit waktu untuk membuat menu santapan pagi, karena dengan campuran susu skim dan sebuah pisang saja anda sudah dapat membuat smoothies ini. Seperti yang kita ketahui, pisang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan kalium, dan susu akan membantu kita dalam mengoptimalkan pertumbuhan dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi.

4. Yoghurt

Bagi anda yang menggemari makanan ringan hasil fermentasi susu ini, anda juga dapat menjadikan Yoghurt sebagai salah satu santapan yang dapat menemani anda pada waktu sarapan di pagi hari, karena dengan kandungan kalori dan kadar lemak yang rendah, Yoghurt justru memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang berperan penting dalam proses pertumbuhan, karena memang bahan bakunya adalah susu sapi segar. Biasanya Yoghurt juga tersedia dengan berbagai macam pilihan rasa dan topping, seperti stroberi, mangga, orange, dan apel.

5. Roti Gandum

Roti Gandum adalah salah satu menu terbaik yang bisa anda jadikan sebagai santapan sarapan pagi anda, karena Roti Gandum ini terbuat dari biji gandum asli yang mengandung asupan nutrisi penting, seperti karbohidrat, kalsium, mineral, vitamin, dan juga serat. Jika anda merasa hambar dengan mengkonsumsi roti gandum polos, maka anda bisa menambahkan variasi topping di dalamnya, seperti daging-dagingan dan sayur-sayuran, tapi pastikanlah anda lebih banyak memilih sayur-sayuran, karena selain memiliki kandungan Iron yang baik bagi tubuh, sayur-sayuran juga mengandung serat yang dapat memperlancar saluran perncernaan di tubuh kita.

Demikian informasi terbaru tentang 5 Menu Sarapan Sehat yang Rendah Kalori, simak juga artikel menarik lainya seputar kecantikan dan kesehatan tentang Cara Turunkan Kolesterol dengan Ragi Beras Merah, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »