Tips Memilih Menu Diet Yang Sehat dan Tepat

Tips Memilih Menu Diet Yang Sehat dan Tepat
TULISKAN.com - Badan yang ramping dan ideal mungkin sudah menjadi dambaan dan impian setiap umat manusia, namun tentunya kita perlu melakukan berbagai usaha agar impian tersebut dapat terwujud, seringkali dari kita setengah-setengah ataupun putus arah dalam membentuk tubuh yang ramping, seperti contohnya jika kita sedang mengikuti program diet, terkadang kita memutuskan untuk putus ditengah jalan karena hasil yang tak kunjung muncul.

Pada hakikatnya, ramping dan ideal suatu bentuk tubuh adalah pengaruh besar dari faktor genetis ataupun keturunan, akan tetapi bukan berarti kita yang memiliki tubuh gemuk tidak bisa tampil ramping, itu semua ditentukan oleh pola hidup yang kita jalankan, oleh karena itu biasakanlah untuk selektif dalam memilih asupan yang akan anda konsumsi, agar memiliki dampak yang positif bagi tubuh, jadi tidak hanya sekedar lezat pada saat disantap, namun juga menyehatkan.

Dengan hadirnya beragam menu-menu untuk diet, tentu anda menjadi bingung dalam memilih dan menyeleksi asupan apa saja yang sehat dan tepat untuk anda santap, namun, sejauh ini apapun jenis dan program diet anda, tujuanya adalah untuk mengurangi asupan dengan kadar karbohidrat tinggi yang selama ini dipercaya sebagai pemicu obesitas atau kegemukan.

Jika dikelompokkan bedasarkan jadwal makan, biasanya diet juga memiliki rutinitas yang sama dengan jadwal makan sehari-hari, yakni pagi, siang, dan sore hari, namun terkadang kita belum mengetahui apa saja yang pas untuk disantap di waktu-waktu tersebut, oleh sebab itu, dibawah ini saya punya beberapa referensi yang dapat anda jadikan panutan dalam memilih jenis makanan yang akan anda konsumsi pada saat diet.

Menu Diet Sarapan

Seperti yang saya kemukakan diatas tadi, menekan jumlah asupan karbohidrat sangatlah penting dalam menjalankan program diet, oleh karena itu, usahakanlah mengkonsumsi makan-makanan yang rendah karbohidrat namun cukup kalori, karena kalori akan membantu anda merasa kenyang sama seperti makan-makanan pokok, salah satu yang bisa anda konsumsi adalah pisang, yang memiliki karbohidrat rendah dan kalori yang cukup bagi tubuh, jadi cukup untuk menahan lapar hingga waktu makan siang tiba.


Pisang juga dikenal memiliki serat yang sangat baik untuk tubuh, dan memiliki berbagai macam kandungan mineral dan vitamin lainya, seperti kalium, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, Oat Meal juga dapat anda jadikan sebagai opsi pelengkap dari asupan pisang, karena oat meal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik bagi kesehatan tubuh, karena bisa menyerap lemak-lemak jahat kolesterol.

Kenapa saya menyarankan anda untuk mengkonsumsi Oat Meal sebagai alternatif pisang? karena Oat Meal memiliki kandungan kalori yang cukup bagi tubuh dan setara dengan beras yang kita jadikan makanan pokok sehari-hari.

Selain itu, ada juga satu jenis teh yang perlu anda pertimbangan kemujarabanya, teh itu adalah teh hijau, karena kandungan polyphenol yang ada di dalamnya dapat membantu proses oksidasi lemak, sehingga dapat membantu mengembalikan berat badan anda menjadi ideal kembali.

Menu Diet Makan Siang

Seperti yang saya kutip dari situs diethuri.com (31/07/13), penelitian menunjukkan bahwasanya makanan yang paling cocok untuk diet pada saat makan siang adalah nasi merah, karena selain memiliki serat dan nutrisi yang tinggi jika dibandingkan nasi putih, nasi merah juga lebih sedikit mengandung karbohidrat, jadi sangat cocok sekali untuk menemani santap siang program diet anda.


Selain itu, Ikan Laut yang kaya akan nutrisi dan protein juga sangat baik sekali untuk menemani waktu makan siang anda, dan juga ditemani dengan sup kubis yang kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Menu Diet Makan Malam

Menu Diet yang paling tepat untuk disantap saat makan malam adalah daging merah dan sayur-sayuran, karena daging merah memiliki serat-serat yang diperlukan oleh tubuh, dan sayur-mayur memiliki kandungan mineral dan vitamin seperti zat besi yang tinggi untuk memperlancar proses metabolisme dan pembuangan sisa pencernaan (BAB). Namun, ada juga perlu ingat, bahwasanya jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging merah pada malam hari, santaplah secukupnya, atau anda juga dapat gunaka buah-buahan sebagai alternatifnya.

Menurut saya, cukup segitu saja menu diet yang dapat ada lakukan dalam menunjang program diet anda, tinggal kembali lagi kepada konsistensi anda dalam menjalankanya. Selain menu dari makan-makanan diet diatas, anda juga dapat berolahraga guna membakar kalori dalam tubuh, yang biasanya bersumber dari makan-makanan yang anda konsumsi, sehingga komposisinya ideal dan berat badan akan selalu terjaga.

Artikel Referensi

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Simak juga artikel menarik lainya seputar kesehatan dan kecantikan tentang 10 Bahan Alami Herbal Penghilang/Mengatasi Gatal, demikian informasi terbaru tentang Tips Memilih Menu Diet Yang Sehat dan Tepat

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »