Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

TULISKAN.com  - Bekas Luka ataupun Luka yang masih basah memang masih menjadi salah satu permasalahan bagi kita yang tentunya ingin tetap eksis di dalam masyarakat, karena dengan bekas luka yang terpampang jelas kita menjadi agak minder dan kurang pede untuk menunjukkan eksistensi diri. Sebenarnya, pada sendirinya luka akan hilang dan pudar seiring berjalanya waktu, karena tentunya regenerasi kulit akan terus berjalan, akan tetapi, sebagian dari kita cenderung memilih untuk mencari cara yang lebih cepat untuk mengatasinya, tentu agar kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari seperti sediakala.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami
Ilustrasi  -  Shutterstock












Kadangkala, memang kita tentu tidak sengaja melakukan suatu aktivitas yang menyebabkan luka, lagipua, siapa juga yang menginginkan dirinya sendiri terluka, hehe, namun mau dibilang apalagi, nasi sudah menjadi bubur, tugas kita sekarang adalah berfokus tentang bagaimaa cara menghilangkanya.

Sebenanya seiring dengan majunya perkembangan teknologi, khususnya di dunia medis, kini banyak sekali obat-obatan yang "berbahan" kimia yang beredar dipasaran, entah itu dalam berbentuk cair maupun padat, namun seringkali obat-obatan seperti itu memiliki efek samping tertentu bagi tubuh kita, khususnya pada orang yang tubuhnya 'sensitif'.

Diluar menggunakan obat-obatan kimia yang sedikit disinggung pada ulasan diatas, sebenarnya ada juga cara yang lebih praktis dan mudah untuk ditempuh, yakni menggunakan obat-obatan herbal, atau obat-obatan yang tidak mengandung unsur kimia apapun, dan tentunya juga lebih aman untuk dikonsumsi, tidak ada efek sampingnya, baik itu secara jangka pendek maupun panjang.

Oleh karena itu, dibawah ini tuliskan.com juga sudah beberapa ulasan menarik seputar bahan-bahan alami yang dapat dipergunakan untuk memudarkan atau menghilangkan bekas luka, bahan alaminya pun tergolong familiar dan mudah kita temui disekitar kita.

Lidah Buaya

Siapa yang tidak tahu tanaman yang kaya akan khasiat ini? Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya mengenal Lidah Buaya berkhasiat untuk merawat kesuburan dan pertumbuhan rambut, namun, belakangan ini lidah buaya juga banyak digunakan oleh para therapis kulit untuk perawatan, khususnya di bagian wajah.

Kandungan Asam Amino dan lignin yang ada pada tumbuhan inilah yang berperan dalam membantu regenerasi dan menjaga kulit agar tidak kering atau tetap lembab. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan anti-radang yang dapat mengurangi infeksi dan memudarkan daerah yang bekas terkena luka.

Cara penggunaanya juga cukup sederhana, anda dapat mengambil daging lidah buaya dari tanamanya asli, atau anda juga bisa membeli yang sudah jadi di pasaran, namun saya sarankan anda membeli yang sudah jadi, karena biasanya sudah terbebas dari lendir, jika sudah dapat, belahlah lidah buaya secara vertikal, lalu oleskanlah cairan yang ada di dalam daging lidah buaya ke daerah yang terkena luka.

ReferensiSelengkapnya Mengenai Lidah Buaya

Mentimun

Buah yang biasanya jadi lalapan ini selain enak disantap ternyata juga memiliki kandungan vitamin c dan potasium yang tinggi lho, yang berperan aktif dalam menangkal radikal bebas, serta juga memiliki kandungan mineral dan anti oksidan yang tinggi, karena mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Selain itu, salah satu therapis atau ahli kulit dari Omaha, Joel Schelssinger, MD, juga menemukan bahwasanya mentimun memiliki kandungan silika yang dapat memproduksi kolagen dan mencegah ataupun menghilangkan keriput secara alami. Oleh sebab itu, kini dipasaran juga banyak sekali produk-produk kecantikan wajah yang mengambil ekstrak mentimun sebagai bahan utama untuk melembabkan, merawat, dan mengencangkan kulit, bahkan untuk memudarkan bekas luka pada kulit.

Untuk menggunakanya, anda cukup mengambil mentimun secukupnya, cacah-cacah hingga membentuk potongan dadu-dadu yang berukuran kecil, lalu haluskan dengan menggunakan tumbukan ataupun blender, apabila sudah halus, lalu borehkanlah pada daerah yang bekas terkena luka, biarkanlah sepanjang malam agar mentimunya lebih menyerap, karena proses regenerasi kulit terjadi 2x lebih cepat pada malam hari saat kita terlelap.

ReferensiSelengkapnya Mengenai Mentimun

Madu

Tentunya anda sudah akrab bukan dengan obat-obatan yang dihasilkann oleh lebah ini, ya, dari sejak zaman dahulu memang nenek moyang kita juga sudah menggunakan Madu sebagai ramuan herbal yang dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh, karena Madu banyak mengandung mineral dann vitamin yang dibutuhkan didalam tubuh kita, seperti vitamin B3, B2, B5, B6, B9, C, dan juga Kalsium dan zat Besi yang tinggi.

Dari segi konsumsinya, dianjurkan oleh para ahli herbal agar anda menggunakan madu yang alami, dan belum terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang dapat mempengaruhi kandunganya, jika anda membeli madu dipasaran yang sudah dalam bentuk jadi, maka pastikanlah madu tersebut 100% murni dan asli.

Nah, untuk penggunaanya anda cukup mengoleskan madu secara rata di daerah yang bekas terkena luka, lalu diamkan selama 30-40 menit, lalu basuhlah dengan kompresan air hangat, agar kulit merasa rileks dan mempercepat regenerasinya, lakukanlah beberapa kali sehari secara rutin.

ReferensiSelengkapnya Mengenai Madu

Saya rasa cukup hanya 3 saja bahan alami yang dapat anda pergunakan untuk menghilangkan bekas luka, jika anda melakukanya secara rutin dan berusaha, maka lama kelamaan bekas lukanya akan pudar kok, hehe.

Demikian informasi terbaru tentang Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, simak juga artikel menarik lainya seputar kesehatan dan kecantikan tentang Mencegah Kanker Payudara dengan Rajin Makan Ikan, semoga bermanfaat, dan menambah wawasan kita semua!

Via Deherba

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »