10 Bahan Alami Herbal Penghilang/Mengatasi Gatal

10 Bahan Alami Herbal Penghilang/Mengatasi GatalTULISKAN.com - Gatal adalah penyebab dari timbulnya ketidakcocokan didalam kulit, pada saat kulit kita bersentuhan dengan benda-benda tertentu yang bersifat "asing" (tumbuhan, hewan, dsb), maka tidak menutup kemungkinan benda-benda tersebut akan memicu rasa gatal pada tubuh anda, apalagi jika anda adalah salah seorang yang memiliki alergi dan berjenis kulit sensitif.

Memasukki tahun 2000 ini, prinsip kembali ke alam atau yang disebut "back to nature" adalah hal yang menjadi trend kesehatan dikalangan masyarakat, karena selain tidak memiliki dampak atau efek samping bagi tubuh secara jangka pendek maupun jangka panjang, bahan alami juga dikenal memiliki khasiat yang lebih baik dari bahan-bahan kimia buatan.

Dalam proses Penyembuhan ataupun Pencegahan terhadap gangguan sejenis gatal-gatal, Herbal ini juga merupakan solusi ampuh yang dapat diandalkan, ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal yang dakibatkan oleh berbagai macam  faktor, seperti terkena racun (ringan), ulat bulu, getah tumbuhan, dan lain sebagainya. Untuk itu, silahkan disimak yang berikut ini.

1. Mentimun

Seperti yang kita bahas pada postingan Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Mentimun atau yang sering disebut Timun dikenal memiliki senyawa yang menyegarkan dan menyejukkan, biasanya timun ini digunakan sebagai alat-alat kecantikan seperti lulur, namun jangan salah, ternyata Mentimun ini juga memiliki peranan dalam mengurangi bahkan menghilangkan rasa gatal pada kulit anda.

Penggunaanya juga cukup mudah, belah mentimun secara horizontal hingga terbentuk 2 batang, lalu oleskan bagian tengah mentimun (yang terdapat biji) ke area yang terasa gatal.

2. Kulit Pisang

Sejak lama kulit pisang memang telah dikenal keampuhanya untuk menghilangkan atau mengatasi rasa gatal-gatal pada kulit, cara penggunaanya cukup praktis, sediakan 1 kulit pisang yang masih "fresh" atau baru dibuka, lalu anda "oleskan" atau "gosokkan" secara perlahan bagian dalam kulit pisang ke area kulit yang terasa gatal, lakukan hingga rasa gatal berkurang.

3. Cuka Apel

Pada umumnya, Cuka Apel dikenal sebagai cairan yang mampu "meng-higieniskan" alat-alat makan, karena memang cara kerjanya adalah menetralkan suatu alat makan (berbeda dengan sabun cuci piring), namun anda jangan salah presepsi terlebih dahulu, cuka apel ini juga bekerja sebagai penetral terhadap senyawa racun yang menyebabkan rasa gatal-gatal, untuk pemakaianya, anda cukup menyediakan cuka apel dan kapas, lalu tempelkan atau rekatkan kapas yang sudah diberi cuka apel diatas daerah yang terasa gatal.

4. Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan dapur, terutama dalam pembuatan kue, baking soda juga berkhasiat menarik senyawa racun dari titik ke permukaan kulit, jadi baking soda ini mampu menarik racun yang menimbulkan rasa gatal pada kulit, pengaplikasianya cukup mudah, campur kan tiga sendok baking soda dengan sedikit air, lalu oleskan pada daerah kulit yang terasa gatal, diamkan.

5. Oatmeal

Sejatinya, Oatmeal dikenal sebagai makanan yang menyehatkan, terutama pada penderita penyakit kolesterol, karena Oatmeal ini mampu menyerap minyak atau lemak jahat yang terkandung didalam tubuh. Selain menyerap minyak, oatmeal juga mampu mengatasi rasa gata-gatal pada tubuh dengan cara menyerap senyawa racunya. Untuk mengaplikasikanya, anda cukup tumbuk halus oatmeal, lalu masukkan kedalam kantong dengan bolong-bolong kecil (seperti kawat nyamuk), lalu "celupkan" kantong tadi ke dalam bak air hangat, tunggu hingga airnya terkontaminasi dengan oatmeal, lalu berendamlah di dalam air hangat tersebut.

6. Lidah Buaya

Hampir sama seperti Mentimun, Lidah buaya atau yang sering dikenal dengan Aloe Vera berperan dalam menyejukkan dan melembabkan kulit. Cara penggunaanya cukup mudah, potong lidah buaya secara horizontal hingga membentuk 2 bagian, lalu oleskan "cairan" di bagian daging lidah buaya ke daerah kulit yang terasa gatal.

7. Alkohol

Alkohol berperan dalam mencegah menyebarnya senyawa racun yang masuk kelapisan bawah kulit ke bagian yang lainya, jadi bisa dikatakan alkohol adalah pertolongan pertama yang dapat anda berikan, agar rasa gatalnya tidak menyebar ke seluruh tubuh dan masuk ke kulit lebih dalam.

 8. Sari Jeruk Lemon

Dalam dunia kecantikan, Sari Lemon ini memiliki pernanan yang hampir sama dengan masker wajah, yakni menyerap minyak berlebih pada kulit. Sama halnya dalam menghilangkan dan mengatasi rasa gatal, Sari Lemon ini berperan dalam menyerap minyak racun yang mengakibatkan rasa gatal pada kulit. Sari lemon ini bisa didapat dari perasan jeruk lemon, cara penggunaanya anda cukup mengoleskan perasan jeruk lemon kedaerah yang terasa gatal.

9. Air Mengalir

Pada saat kulit terkena senyawa racun ataupun bahan kimia, selain alkhol Air yang mengalir juga merupakan salah satu pertolongan pertama yang dapat dilakukan, karena Air yang Mengalir dapat mengeluarkan senyawa racun ke atas permukaan kulit, sehingga racunya tidak masuk kebagian yang lebih dalam.

 10. Kompres Dingin

Hampir sama seperti Mentimun dan Lidah Buaya, Kompres dingin adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan guna memberikan sensasi rasa sejuk pada kulit, sehingga penyebaran racun akan terhambat, Kompres dingin juga berfungsi untuk meminimalisir rasa gatal pada kulit. Penggunaanya anda cukup ambil lap/kain, basahkan dengan air dingin lalu peras dan tempelkan/basuhkan pada daerah yang terasa gatal.

Demikian informasi terbaru tentang 10 Bahan Alami Herbal Penghilang/Mengatasi Gatal, simak juga artikel menarik lainya seputar kesehatan dan kecantikan tentang 15 Makanan Yang Mengandung Sumber Zat Besi, semoga bermanfaat, dan menambah wawasan kita semua.

Artikel Rekomendasi

Sumber: KOMPAS Health
Sumber Gambar: Hutan Tropis

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »