Cara Membuat Efek Shadow pada Outer/Tepi Blog

Cara Membuat Efek Shadow pada Outer/Tepi Blog
Cara Membuat Efek Shadow pada Outer/Tepi Blog - Mungkin outer atau yang disebut dengan tepi blog sudah seringkali kita lihat pada blog-blog rekan seperjuangan, banyak sekali variasi-variasi dari yang mereka gunakana, ada yang menggunakan border, ada juga yang menerapkan background outer blog berbeda dengan background blog, atau seperti blog saya ini yang menggunakan efek shadow. Efek shadow adalah efek yang akan meberi bayangan pada outer atau tepi blog tanpa diberi border maupun garis tepi blog. Sebenarnya penggunaan feature ini tak lain dan tak bukan hanyalah untuk membatasi antara luar dan dalam outer blog dan mungkin juga dapat mempercantik blog kita dalam faktor berpenampilan.

Bisa kita lihat pada gambar diatas, atau bisa juga langsung lihat ke outer atau tepi blog ini, itu adalah contoh dari efek shadow atau bayangan yang akan kita buat nanti, saya sarankan untuk pemasangan box shadow ini anda jangan memberikan border pada garis tepinya, karena diberikan shadow saja sudah cukup dan tampak lebih bagus. Disini anda dapat memperlebar efek shadow atau glownya sesuka hati anda, misalnya blog ini menggunakan padding 10 px, mungkin saja jika anda menginginkan bayangan yang lebih jauh lagi, anda bisa menambahkanya menjadi 15 bahkan 20px, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan blog kita. Oh iya sobat satu lagi, saya sarankan untuk blog anda yang bertema terang lebih baik gunakanlah shadow #ffffff atau warna putih untuk hasil yang nampak bagus dan clean.

Selain itu, ternyata pemasangan feature ini juga sangat mudah dan praktis sekali, anda hanya perlu menambahkan beberapa kode script pada Edit HTML, tanpa menggunakan JavaScript. Well, bagi anda yang berminat untuk memasang efek shadow di blog anda, silahkan disimak yang berikut ini.

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Template.

3. Klik Cadangkan/Pulihkan.

4. Klik Unduh Template Lengkap.

5. Setelah templatenya terunduh, klik kanan pada file tersebut, pilih "Open With" lalu buka dengan wordpad/notepad.

6. Cari salah satu kode di bawah ini (gunakan CTRL+F), karena pada umumnya kode setiap template sedikit berbeda.

content-outer

atau

content-wrapper

atau

wrap

atau

outer-wrapper 

Keterangan: jika semua kode diatas tidak ada, carilah kode yang menunjukan outer wrapper atau tepi pada blog anda.

7. Lalu, letakkan kode di bawah ini tepat dibawah salah satu kode pada langkah ke-6 tadi.

border:2px solid #0000ff;
border-color:#9ecaed;
box-shadow:0 0 10px #666}

Keterangan:
  • 2px = ketebalan border outer (jika tidak perlu, berikan saja 0px)
  • #0000ff = warna border outer
  • 10px = ketebalan efek shadow outer blog
  • #666 = warna shadow outer blog
Demikian informasi tentang cara membuat efek shadow pada outer/tepi blog, baca juga artikel lainya seputar tutorial blog tentang cara membuat bismillah pada postingan blog, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Smart Choice, Right Way...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »