Cara Memasang jQuery pada Blogger

Cara Memasang jQuery pada Blogger
Cara Memasang jQuery pada Blogger - jQuery atau yang biasa disebut dengan perpustakaan Javascript adalah kumpulan dari javascript yang sudah diringkas agar lebih cepat, ringan, dan kaya akan fitur. jQuery dapat membuat banyak hal seperti HTML Transversal dokumen, penanganan event, animasi, dan ajax jauh lebih sederhana dan praktis, berbagai macam feature juga didukung dan support oleh berbagai kompabilitas pada banyak browser. Dengan fleksibilitasn dan kemudahan yang ditawarkanya, kini jQuery telah mengubah pandangan jutaan orang pada umumnya tentang menulis Javascript. jQuery juga sudah berpengalaman dan digunakan oleh banyak situs-situs terkemuka di seluruh dunia, seperti Wordpress, Wikipedia, Mediatemplate, dan Backbone.

Pada hakikatnya, jQuery adalah tools yang biasa kita gunakan untuk membuat efek-efek maupun me-modifikasi desain blog yang menggunakan bantuan JavaScript. Jika kita lihat pada blog-blog yang menyuguhkan tutorial blog pada tema kontenya, maka tidak jarang kita akan menjumpai kata-kata jQuery atau JavaScript Library, karena itu adalah salah satu ujung tombak dari banyak plugin/tutorial yang diharuskan menggunakan JavaScript, dan jika mereka tidak menambahkan jQuery, maka kode CSS yang sudah mereka pasang bisa dibilang "percuma".

Perlu saya ingatkan kembali bahwasanya dalam satu template blog hanya boleh ada 1 script jQuery, entah itu versi berapapun, karena banyak sekali versi dari jQuery yang selalu diperbaharui, namun saya sarankan untuk memakai yang terbaru, karena biasanya mendukung atau support lebih banyak plugin-plugin yang selalu up to date. Selain itu, anda juga tidak usah mengkhawatirkan nanti jQuery ini akan membuat blog loadingnya lebih berat, karena plugin ini sebenarnya sudah hampir digunakan oleh seluruh blog yang memakai platform Blogspot maupun Wordpress dan hanya memiliki ukuran 100kb.

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Template.

3. Klik Edit HTML.

4. Klik tanda panah hitam disebelah ]]></b:skin> (tampilan baru Edit HTML pada Blogger).

5. Cari kode </head> (gunakan CTRL+F).

6. Letakkan kode jQuery berikut ini tepat diatas </head>.

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.9.1/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Keterangan: Perlu saya tekankan kembali untuk yang ke-2 kalinya bahwa pada blog hanya boleh ada 1 jQuery plugin, jadi misalnya anda dulu sudah pernah memasangnya versi berapapun, maka anda cukup mengganti angka dari versi jQuery anda (contoh : 1.3.1) dengan 1.9.1 (versi terbaru).

7. Klik "Save Template".

Demikian informasi tentang cara mudah memasang jQuery pada Blogger, baca juga artikel tutorial blog menarik lainya seputar cara membuat social sharing button warna warni, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Positive Thinking, Refresh Mind...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »