Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet Di Blog

Farhan Share - Sobat farhan pada postingan atau kesempatan kali ini farhan akan berbagai tentang cara menampilkan rating bintang blog di Google. Ya, sobat apa sih kegunaan dari menampilakan rating bintang blog di Google? Ya, ternyata sobat farhan menampilkan rating bintang di Google ini banyak lho kegunaanya, salah satunya adalah kita bisa mengetahui hasil  review pengunjung terhadap blog kita, apabila mereka sangat menyukai blog kita mereka bisa memberi 4/5 rating bintang, selain itu juga menampilkan rating bintang di google ini juga bisa mengukur reputasi blog kita, di mata SEO dan juga para pengunjung.















Sobat farhan ada pun beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kita memulai langkah-langakah menampilkan rating bintang di Googlw. Yang harus dipersiapkan sebenarnya hanya satu, yakni account Google+, dan URL Google+ kita. Baik, sobat kita langsung saja masuk ke inti pembicaraan kita pada postingan kali ini, di bawah ini sudah farhan persiapkan langkah-langkah menampilkan rating bintang di hasil pencarian Google.

1. Login Ke Blogger.

2. Pilih Template.

3. Pilih Download Full Template (mencegah terjadi kesalahan dalam mengedit HTML).

4. Pilih Edit HTML.

5. Centang box "Expand Template Widget".

6. Lalu sobat cari kode <b:skin><![CDATA[/* menggunakan CTRL+F, setelah ketemu letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode <b:skin><![CDATA[/*.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><link href='https://plus.google.com/110332182798805450378' rel='publisher'/>
</b:if>

NB : Ganti kode yang berwarna biru dengan URL Google+ sobat.

7. Masih dalam Edit HTML, Selanjutnya cari kode <body>, Kemudian letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <body>.

<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>

NB : Tambahkan tag penutup </div></div> sebelum kode </body> 

8. Selanjutnya sobat cari kode <data:post.body>, jika sobat sudah memasang read more, biasanya kode <data:post.body> ada 2. Lalu sobat letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode <data:post.body> yang ke 2.

Description: <span itemprop="description"><data:post.title/></span>
Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span>
Reviewer: <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span> -
ItemReviewed: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>

9. Langkah selanjutnya sobat cari kode author untuk rich snippet, yang biasanya ditullis "Posted By...", sekarang yang harus dicari adalah kode author yaitu  <span class='fn'><data:post.author/></span>, jika sudah ketemu sobat tambahkan kode rich snippet berikut ini <span itemprop='reviewer'>Nama Penulis/Author</span>, Setelah digabungkan kodenya akan menjadi seperti di bawah ini :

<span class='fn'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span>

10. Klik "Save template" dan Selesai.

Untuk Cek sudah berhasil atau belum sobat bisa melihatnya disini!

Demikian sobat farhan sedikit ilmu dari farhan tentang cara menampilkan Rating bintang di google, semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan comment di bawah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »