Cara Membuat Threaded Comment di Blog

Cara Membuat Threaded Comment di Blog - Belum lama ini blogger yang merupakan platform blog besutan Google memperkenalkan surface/antar muka terbarunya, selain merubah antar muka tentunya blogger juga memperbaharui database dan tampilanya, pastinya akan sangat menarik untuk dicoba bukan. Namun, bagi blogger sekarang ini nampaknya sudah jarang sekali yang menggunakan template bawaan/default dari blogger, karena mereka menganggap bahwa template dari 'pihak ke 3' membuat penampilan blog semakin cantik. Kembali ke Lap....Top..., lalu sobat, yang dimaksud dengan Threaded Comment adalah komentar default/bawaan blogger yang dilengkapi dengan sistem reply atau balas komentar, contohnya bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Threaded Comment di Blog









Karena terkadang dalam merubah struktur kode HTML blog, kita tak sengaja melupakan beberapa unsur yang sebenarnya sangat menunjang, hal itu adalah tombol reply pada komentar, dengan tombol reply ini kita dapat saling me-respon komentar antar pengunjung, selain menyisipkan kode html tambahan pada blog, ada baiknya kita menggunakan komentar default blogger yang sudah otomatis dilengkapi dengan tombol reply, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi mencari kode html yang menampilkan tombol reply.

Kali ini saya akan memberikan cara yang termudah yaitu dengan meng-edit HTML, kenapa? karena kalau kita menggunakan fitur 'kembalikan widget ke default' yang telah disediakan oleh blogger di Edit HTML, kemungkinan besar akan ada beberapa widget yang sudah kita modifikasi lalu dengan sendirinya kembali ke widget bawaan blogger, seperti read more otomatis, google friend connect (pengikut), dll. Karena fitur ini akan merubah semua widget ke setelan default/bawaan.

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Template.

Cara Membuat Threaded Comment di Blog









3. Klik Edit HTML.

Cara Membuat Threaded Comment di Blog






4. Centang box 'Expand Template Widget'.

Cara Membuat Threaded Comment di Blog








5. Cari kode dibawah ini menggunakan CTRL+F atau F3.

<b:include data='post' name='comments'/>

6. Kemudian ganti semua kode diatas dengan kode dibawah ini.

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>

7. Klik 'Save/Simpan Template', dan selesai.

Cara Membuat Threaded Comment mudah bukan sobat? hehe. Demikian tutorial blogger tentang Cara Membuat Threaded Comment di Blog, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Happy Blogging!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »