Heboh Foto Bapak dan Anak Telanjang di Media Sosial: Indah atau Porno?

Jagat dunia maya kembali dihebohkan oleh sebuah postingan gambar dari negeri paman sam. Tergambar dalam foto tersebut, seorang lelaki dewasa dan seorang anak kecil di bawah siraman shower. 


Dikatakan bahwa foto tersebut adalah foto seorang bapak yang menggendong putranya pada saat mandi dan dibagikan puluhan ribu kali di Facebook dalam dua minggu terakhir ini. 

Namun foto ini juga sempat diturunkan oleh Facebook lebih dari sekali sebelum akhirnya dipasang kembali.

Foto ini bagi sejumlah pihak menunjukkan hal yang sering terjadi: seorang ayah yang menggendong anaknya yang sakit. Namun perkecualiannya adalah, keduanya tengah mandi dan tidak mengenakan baju.

Foto ini diangkat di sosial media oleh fotografernya, Heather Whitten yang tinggal di Arizona, Amerika Serikat.

Dia mengabadikan putranya, Fox, dan suaminya, Thomas Whitten, yang bagi sebagian pembaca menunjukkan foto perhatian seorang ayah dan menyentuh.

Alasan mengapa ayah dan putranya tak berbusana adalah karena Fox mengalami keracunan Salmonella dan harus segera dirawat di rumah sakit.

"Thomas mandi selama berjam-jam dengan dia, untuk menurunkan suhu badannya dan membersihkan badannya dari muntah dan diare," tulis Whitten dalam postingnya di bawah foto.

"Ia sangat sabar dan sangat penuh perhatian dan sangat kuat dengan putra kecil kami di pangkuannya... Saya ke luar dan mengambil kamera dan memotret dan kemudian mengunggahnya."

Namun bagi sebagian orang foto itu tak layak dan juga memberi kesan fedofil.

Reaksi Berbeda :  foto telanjang wanita dan anak kecil

foto kelly bannister

Whitten terkejut dengan reaksi itu apalagi saat membaca komentar negatif tentang momen yang dianggapnya indah.

"Tidak ada eksploitasi seksual atau sesuatu yang eksploitatif tentang gambar ini," tulisnya.

"Saya terkejut dengan berapa banyak orang yang tidak membaca cerita di balik itu dan bahkan tidak melihat apa yang terjadi di balik pose telanjang," tambahnya.

Kontroversi tentang foto anak-anak telanjang bukanlah hal yang baru. Pada 1995, sebelum adanya kamera digital, pembaca berita Julia Somerville dan suaminya diperiksa polisi setelah mengambil foto putri mereka yang berusia tujuh tahun untuk dicetak.

Julia Somerville memprotes bahwa foto itu adalah koleksi keluarga dan tidak ada dakwaan yang dikenakan terhadapnya.

Pada tahun 2001, seniman Tierney Gearon memamerkan karyanya termasuk anak-anaknya yang telanjang di Saatchi Gallery, sehingga menimbulkan kontroversi.

Ia mengaku terkejut dengan reaksi terhadap foto yang ia gambarkan sebagai ''anak-anak dengan topeng yang tengah berpose bodoh'.

Terkait foto-foto anak-anak telanjang dengan seorang dewasa, reaksinya berbeda antara foto pria dan wanita.

Reaksi foto seorang pria telanjang yang tampil dengan anak, akan lebih sinis dibandingkan wanita yang muncul tanpa busana.

Bulan lalu, seorang wanita Australia Kelli Bannister memasang foto -berpose yang sama dengan Whitten- sambil menggendong putrinya Summer.

Foto itu diambil oleh putranya yang berusia lima tahun di telepon seluler, dan reaksinya sangat positif.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »