Informasi Program Portable

Apa itu Portable ?

Portable adalah sebuah program atau software yang dapat Anda mengakses atau menjalankannya di komputer manapun tanpa harus menggunakan proses instalisasi terlebih dahulu. Tinggal di copy-paste saja dan langsung dapat berjalan dengan sebagai mana mestinya.

Program Portable vs Freeware

Ada kendala dimana ketika Anda ingin memilih antara program Freeware dan Portable, tetapi saya menyarankan sebaiknya Anda gunakan program portable yang bersifat freeware, alasanya

Program freeware adalah program yang dimana Anda diberikan kebebasan dalam hal segi pembayaran menggunakan program tersebut, artinya Anda tidak lagi dikenakan biaya untuk mengunakan program tersebut dan Free disini tentu sangat berbeda-beda makna, bukan berarti Free dalam segala-galanya, ini disesuaikan dengan ketentuan lisensi yang telah tertera dalam program tersebut.

Namun, setiap Freeware belum tentu ia Portable, tapi kebanyakan program-program portable bersifat Freeware diberikan secara cuma-cuma. Dan sekarang telah banyak program-program portable yang bagus tidak kalah dengan program installer, contohnya Mozilla FireFox Portable (penulis sendiri menggunakan program tersebut) yang merupakan program untuk mengakses internet seperti halnya Internet Explorer. Dan juga Antivirus Lokal seperti PCMAV, ANSAV, TAV, ALIAV,CAV, Scanlix dan lain sebagainya itu juga sangat bagus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »