Cara Mengganti Background/Latar Belakang Blog

Cara Mengganti Background/Latar Belakang Blog - Mungkin sebagai blogger terkadang kita merasa jenuh dan bosan dengan tampilan blog yang bergitu-begitu saja, namun perlu kita ketahui bahwa passion utama suatu blog atau website adalah 'konten', karena konten yang bagus adalah jalan terbaik untuk memaksimalkan seo, lalu apa artinya sebuah situs yang memiliki tampilan bagus tetapi tidak memiliki konten yang baik. Karena  perlu kita sadari bahwa sebenarnya robot-robot mesin pencari atau search engine hanyalah membutuhkan kualitas konten yang baik, dan mereka tidak akan mempedulikan tampilan blog kita, tampilan blog hanya untuk 'pelengkap' dan membuat pengunjung menyukai situs kita.

Cara Mengganti Background/Latar Belakang Blog















Bagi anda yang sudah menggunakan template blogger dari pihak ke-3 atau penyedia template, tentunya kita tidak akan bisa menggunakan fasilitas 'setelan' dari blogspot untuk memodifikasi tampilan blog, karena tools tersebut hanya bisa digunakan pada template default blogger, atau template yang sudah disediakan oleh blogger, namun, sekarang ini kebanyakan blogger sudah memutuskan untuk memakai template dari pihak ke-3 (seperti saya ini, hehe), selain 'katanya' lebih seo, tampilanya juga lebih bagus dan menarik jika dibandinkan dengan template bawaan blogger. Bagi anda yang membutuhkan background untuk di terapkan di blog, bisa dilihat koleksinya pada artikel kumpulan background untuk blog.

Kembali ke topik pembahasan, mungkin bagi anda yang masih menggunakan template dari blogger, anda tidak perlu repot-repot untuk mengganti background dari Edit HTML, karena anda bisa menggunakan fasilitas 'setelan' yang lebih simple dan praktis, namun jika anda menggunakan template pihak ke-3, maka anda harus meng-edit HTML template anda untuk mengganti background. Selain untuk mengkontraskan warna antara latar belakang dan tampilan blog, merubah background juga biasanya di terapkan agar mata tidak sakit dan lebih nyaman pada saat membaca artikel di blog (lebih baik background gelap).

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Template.

3. Pilih Edit HTML.

4. Centang box 'Expand Template Widget'.

5. Cari kode yang mirip dengan kode di bawah ini (menggunakan CTRL+F).

body{background:#333333;
margin:0 auto 10px auto;
font:normal 12px "Verdana", sans-serif;
color:#555555;

atau

body{width:1000px;
color:#565659;font-size:12px;
font-family:verdana,arial,Sans-serif;
margin:0 auto;padding:0}  

  • Ganti background dengan warna

body{background:#444444;
margin:0 auto 15px auto;
font:normal 13px "georgia", arial;
color:#000000; 
atau

body{width:980px;
color:#565659;font-size:12px;
font-family:verdana,arial,Sans-serif;
margin:0 auto;padding:0}  

*) Keterangan: Ganti kode yang berwarna merah diatas dengan kode HTML dari warna yang anda ingin jadikan background blog anda. (Kode HTML warna : http://farhanshare.blogspot.com/p/kode-warna-blog.html).

  • Ganti Background dengan gambar

body{background:url (URL Gambar);
margin:0 auto 15px auto;
font:normal 13px "georgia", arial;
color:#000000; 
atau

body{Background:url(URL Gambar);
color:#565659;font-size:12px;
font-family:verdana,arial,Sans-serif;
margin:0 auto;padding:0}  

*) Keterangan: sisipkan kode yang berwarna merah sampai susunanya seperti kode diatas.

6. Klik 'save template', dan selesai.

Bagaimana? mudah bukan merubah background atau latar belakang blog. Demikian tutorial blog tentang Cara Mengganti Background/Latar Belakang Blog, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Happy Nice Blogging...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »